Description

Apa itu XREF ?

Posted by:

Saya menerima banyak permintaan untuk membuat tutorial mengenai XREF. Topik ini cukup menarik dan berguna untuk pembaca, jadi saya akan coba untuk membahas mengenai topik ini. Artikel pertama ini adalah pengenalan. Saya akan coba menjelaskan apa itu XREF dan kenapa kita menggunakannya. Tutorial akan dibahas pada artikel selanjutnya.

Apa itu XREF?

XREF adalah singkatan dari External Reference. Artinya adalah kita menggunakan file lain sebagai referensi untuk menyelesaikan gambar kita.

Bayangkan anda adalah Structural Engineer. Seorang Arsitek memberikan gambarnya dan meminta anda untuk menggambarkan struktur bangunan. Anda meletakkan gambar arsitektur di atas meja. Kemudian anda meletakkan kertas transparan di atas gambar. Anda mulai menggambar pada kertas transparan tersebut.

XREF bekerja dengan konsep yang sama. Anda menggunakan gambar lain sebagai referensi, namun anda punya gambar anda sendiri. Anda tidak memodifikasi gambar orang lain.

Apa keuntungannya?

XREF memungkinkan kita bekerja dengan beberapa file sekaligus. Artinya beberapa pengguna AutoCAD dapat bekerja pada suatu proyek secara bersamaan.

Katakanlah anda mengerjakan gambar denah. Anda menyimpan gambar tersebut dengan nama plan.dwg di file server. Ketika anda bekerja dengan file tersebut, pengguna lain tidak dapat mengubahnya. AutoCAD akan memberikan peringatan bahwa file terbuka dan menanyakan apakah anda mau membukanya sebagai file read-only.

Dengan XREF, anda dapat membagi denah ke beberapa file. Misalnya: plan-a.dwg, plan-s.dwg, plan-m.dwg. Artinya 3 orang dapat mengerjakan gambar denah secara bersamaan.

XREF juga mengijinkan anda untuk meminimalkan waktu untuk menggambar ulang. Bayangkan jika anda mendesain bangunan bertingkat tinggi, dengan mayoritas lantai desainnya tipikal. Anda dapat menggunakan inti bangunan sebagai referensi. Ketika anda perlu untuk memodifikasi desain, anda hanya perlu mengubah file utama. Semua file lain akan diperbarui juga.

Format file apa yang didukung?

Ketika bicara soal XREF, biasanya yang dibicarakan adalah menggunakan DWG sebagai referensi. Namun AutoCAD juga mendukung banyak format file lain sebagai referensi.

Jika anda membuka XREF dan mengklik ikon attach, anda akan melihat semua format file yang didukung.

Anda dapat menggunakan format berikut sebagai referensi:

  1. DWG. AutoCAD native file format.
  2. Image. AutoCAD mendukung format image yang populer, seperti BMP, JPG, PNG, etc.
  3. DWF. Design Web Format, Autodesk format untuk distribusi data desain.
  4. DGN. MicroStation design file.
  5. PDF. Adobe Portable Document Format.
  6. Point Cloud (*.rcp, *.rcs). Data points dari scanner 3D.
  7. Coordination Model (*.nwd, *.nwc). Model Navisworks yang bisa anda gunakan untuk koordinasi model 3D.
0

About the Author:

  Related Posts
  • No related posts found.

Add a Comment