Description

Mengatur Tampilan XREF CAD

Posted by:

Ini adalah seri terakhir dari seri tutorial XREF kami, kita membahas bagaimana anda dapat mengontrol tampilan file referensi. Idealnya, anda tidak memodifikasi file XREF. Anda hanya bekerja dengan file anda sendiri. Jika anda menggunakan file arsitektur sebagai referensi misalnya, anda tidak boleh mengubahnya. Namun anda bisa mengontrol bagaimana file referensi tampil di gambar anda.

Kenapa anda perlu mengubah tampilan gambar? Berikut contoh-contohnya:

  1. Anda hanya perlu menampilkan sebagian kecil gambar, bukan denah seluruh lantai.
  2. Gambar yang anda gunakan tidak menggunakan plot style yang sama dengan yang anda gunakan. Hal ini terutama sering terjadi jika arsitek tidak bekerja di perusahaan yang sama dengan anda.
  3. Anda perlu menekankan gambar anda dan menampilkan file referensi lebih tipis.
  4. Dan sebagainya.

Mari kita lihat apa yang bisa kita lakukan untuk mengubah tampilan file referensi.

Memodifikasi File Referensi

Metode pertama adalah dengan mengedit file referensi tersebut. Anda dapat membukanya dan mengeditnya.

Namun saya tidak menganjurkan pilihan ini kecuali anda memang pemilik file referensi tersebut. Jika file tersebut adalah milik engineer lain dan ia akan mengeditnya nanti, jangan lakukan pilihan ini.

Anda dapat membuka file referensi dan memodifikasinya secara langsung. AutoCAD mengijinkan anda melakukan ini di dalam host file. Klik file referensi dan anda memiliki pilihan edit dari ribbon.

Edit Reference In-Place mengijinkan anda mengedit file referensi saat membuka host file. Ini dapat berguna jika anda perlu menggunakan host file sebagai referensi.

Setelah anda menyimpan file referensi, orang yang sedang menggunakan file tersebut sebagai XREF akan diberitahu bahwa file referensi sudah berubah. Ini memastikan bahwa mereka bekerja dengan file terakhir.

Memotong File Referensi

Anda dapat memotong file referensi dan hanya menampilkan area yang dibutuhkan. Anda dapat menggunakan perintah XCLIP atau menggunakan perintah Create Clipping Boundary dari contextual tab.

Ini berguna jika anda hanya perlu menampilkan sebagian saja dari file referensi. Dan anda tetap memiliki keuntungan menggunakan XREF.

Memodifikasi Layer File Referensi

Modifikasi lain yang perlu kita lakukan ke file referensi adalah mengubah properti layer. Anda dapat mengubah properti layer referensi pada host file tanpa mempengaruhi file aslinya. Jika anda mengubah warna dinding dan tebal garis dinding file referensi di host file, perubahan ini hanya tampak di host file.

Ini berarti anda dapat membuat tampilan gambar agar sesuai dengan standar anda, tanpa memodifikasi file aslinya.

Coba buka Layer Manager. Anda dapat melihat group filter XREF. AutoCAD membuatnya secara otomatis. Ketika anda mengklik nama filenya, ia akan menampilkan semua layer di gambar referensi.

Anda dapat memodifikasi semua properti yang dibutuhkan. Anda dapat freeze layer, mengubah warnanya, ketebalan garis, dsb.

Kesimpulan

File referensi adalah referensi. Anda hanya menggunakannya untuk bekerja dengan gambar anda. Tapi anda tidak memodifikasi file aslinya. Meskipun pernyataan ini tergantung kondisi pekerjaan anda, tapi ini adalah praktek yang umum.

Jadi modifikasi file referensi memang terbatas. Yang paling umum adalah memotong gambar dan mengubah properti layer.

Bagaimanapun, jika anda memang pemilik file referensi, anda mungkin memang akan butuh mengubahnya. Misalnya, anda membuat gambar denah tipikal dan menggunakannya sebagai referensi. Ketika anda mengubahnya, semua file juga akan diupdate.

0

About the Author:

  Related Posts
  • No related posts found.

Add a Comment